cara membuat artikel SEO

Pahami Cara Membuat Artikel SEO, dan Dapatkan Uang Dari Blog

Diposting pada

Ketika kamu sudah memutuskan untuk terjun ke dunia Blogging, jangan pernah berharap bahwa kamu bisa dengan mudah menghasilkan uang dari blog yang kamu buat. Salah satu syarat yang membuat kamu mendapatkan uang dari membuat Blog adalah memahami cara membuat artikel SEO.

Pengertian SEO (Search Engine Optimize) adalah teknik yang mampu menjadikan artikel atau konten kamu mudah ditemukan oleh mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, atau yang lainnya. Mudah ditemukan memiliki pengertian bahwa artikel kamu berada di halaman pertama Google alias Page one ketika dicari oleh pengunjung dengan menggunakan kata kunci atau keyword tertentu.

Semakin mudah artikel kamu di temukan di mesin pencarian Google, semakin besar kemungkinan kamu untuk mendapatkan uang dari blog yang buat. Bukan hanya mendapatkan uang dari iklan Adsense Google saja, tetapi dengan muncul dihalaman pertama Google, Blog yang kamu kelola akan bernilai lebih.

Seperti meningkatnya nilai Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA), yang akan membuat situs kamu lebih mahal ketika mendapatkan orderan dari pihak ketiga.

Atau ketika kamu ingin menawarkan jasa pembuatan konten berjenis Internet Marketing, blog bisa kamu jadikan portofolio untuk klien. Semakin banyak artikel berkualitas SEO yang berada di halaman pertama Google (Page One), semakin mahal nilai jasa yang bisa kamu tawarkan.

Algoritma Google Yang Menjadi Standar Semu

Membuat artikel SEO ini sendiri , tidak semudah dengan cara membuat artikel pada umumnya. Karena terdapat beberapa ketentuan dasar yang harus kamu pahami ketika membuat konten untuk blog.

SEO erat kaitannya dengan algoritma yang dimiliki mesin pencari. Dan saat ini, Google masih memegang peranan penting bagi seorang Blogger untuk mampu mendapatkan uang dari Blog. Hal ini disebabkan, hampir 80% pengunjung situs menggunakan Google untuk berselancar di dunia internet.

Algoritma Google yang selalu berubah-ubah, menjadi sebuah masalah bagi setiap pakar konten. Mereka bekerja keras untuk menentukan bagaimana cara membuat artikel dengan teknik SEO yang mudah dipahami oleh mesin pencari . Hingga terdapat sebuah anekdot, “Sebaiknya Google Hanya Menampilkan 1 Halaman Saja Pada Mesin Pencarinya”.

Karena wajar saja, dari sekian banyak pengguna internet yang menggunakan mesin pencari, mereka hampir tidak pernah mencari pada halaman kedua, ketiga, apalagi keempat. Mereka akan fokus pada informasi yang berada pada halaman pertama pencarian Google (Page One).

Bayangkan saja, jika artikel yang kamu buat dan sudah kamu anggap SEO banget, berada di halaman kedua atau ketiga? Akan sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan traffic, kecuali dengan beriklan. Tentu menyakitkan hati bukan?

Membuat artikel SEO, berarti kita mampu memahami cara berifikir Google. Dan apakah kita bisa memahami apa yang dipikirkan mesin? Bisa!

Memahami Cara Membuat Artikel SEO Yang Tepat

Dalam sebuah forum diskusi yang saya buat bersama teman-teman Blogger Indonesia, ketentuan dalam membuat artikel berkualitas SEO selalu menjadi perdebatan. Dalam sebuah situs SEO ternama, yang bernama Backlinko, juga tidak menyebutkan secara presisi bagaiman standar SEO yang diinginkan oleh robot Google.

Saya sangat sering menemukan beberapa contoh artikel SEO yang berada dihalaman pertama Google yang menurut saya tidak friendly. Kenapa begitu? Pertama karena informasi yang disajikan Hoax, dan kedua tata bahasa yang digunakan sangat aneh. Tetapi kenapa artikel tersebut bisa nagkring di halaman pertama Google? Kuncinya adalah Penempatan Keyword!

Peranan Keyword Dalam Membuat Artikel SEO

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara yang tepat dalam membuat artikel dengan kualitas SEO, kamu perlu memahami beberapa indikator yang menentukan kualitas konten. Dari hasil penelitian yang saya lakukan secara mandiri, terdapat beberapa ketentuan yang dianggap penting dalam SEO :

  1. Kata kunci yang tepat,
  2. Internal link yang sesuai,
  3. Umur Blog yang erat kaitannya dengan DA dan PA,
  4. Backlink dari situs besar,
  5. Social Signal

Kelima hal tersebut mengambil peranan yang sangat besar ketika kamu ingin membuat artikel kamu berada dihalaman pertama Google. Namun, satu hal yang paling penting adalah KATA KUNCI atau Keyword.

Banyak yang berkata bahwa Content is The King, dan itu benar, tetapi tidak sepenuhnya benar. Saya pernah mencoba untuk membuat artikel asal, untuk mencari tahu apakah benar Google membuat artikel kita dihalaman pertama berdasarkan kualitas informasi dari isi artikel.

Bermodalkan artikel yang hanya saya translate dari artikel berbahasa Inggris, saya mencoba bersaing dengan situs-situs besar untuk keyword “Afiliasi Dalam Dunia Bisnis”. Dengan mengotak atik kata kunci yang saya riset dari beberapa tools, akhirnya artikel yang saya buat berhasil duduk di halaman pertama Google.

peranan keyword dalam membuat artikel seo
Contoh Keyword Yang Dioptimalkan Dalam Artikel SEO

Sebagai catatan, artikel tersebut sudah saya hapus dari situs. Namun Google masih menyimpan Cache dimesin penelusurannya.

Bagaimana bisa? Disinilah saya menyimpulkan, Google itu tidak bisa memahami apa yang kita tulis. Google hanya melihat kesesuaian antara kata kunci yang saya masukkan dengan artikel yang sedang dicari. Ketika kata kunci tersebut dirasa sesuai dengan artikel yang kita buat, maka secara otomatis Google akan membuat artikel kita di halaman pertama.

Jadi intinya adalah bagaimana cara kita menempatkan Kata Kunci Yang Tepat, Sesuai, dan Tertarget. Semudah itu? Tidak juga. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menentukan penempatan kata kunci dalam membuat artikel SEO.

1. Tentukan Target Keyword Yang Akan Digunakan

Kata kunci itu tidak hanya sebatas pada jenis kata kunci pendek (short tail keyword) atau juga kata kunci panjang (long tail keyword). Dan juga bukan sekedar membuat artikel SEO dengan kepadatan kata kunci yang sesuai atau Keyword Density.

Lupakan dulu jenis keyword apa yang akan kamu gunakan, dan lupakan kepadatan keyword dalam membuat artikel SEO. Cukup tentukan apa kata kunci yang akan kamu buat. Sebagai contoh, target keyword yang akan diambil adalah : Membuat Artikel SEO.

Dari focus keyword tersebut, kita pecah kembali kata kunci tersebut ke beberapa jenis kata kunci lainnya. Pastikan ketiga suku kata tersebut masih ada secara presisi dalam kata kunci baru, seperti :

Cara membuat artikel dengan kualitas SEO,  menggunakan teknik SEO dalam artikel yang dibuat, SEO dalam artikel dan cara membuat yang benar, teknik SEO yang benar dalam membuat artikel, dan lain sebagainya.

Setelah semua pecahan keyword sudah lengkap, kamu perlu mengambil beberapa kata kunci tambahan yang bisa kamu temukan di hasil query pencarian Google. Kata kunci ini sering disebut dengan LSI.

Biasanya ada 8 kata kunci yang diberikan oleh Google dan copy semua kedalam Notepad. Setelah itu, kembali lagi pada kata kunci pencarian terkait tadi, dan buka satu persatu. Akan ada kembali muncul beberapa keyword LSI lainnya. Silahkan copy semua kata kunci yang kamu dapatkan.

Keyword LSI
Contoh Keyword LSI

Setelah semua kata kunci terkait terkumpul, hapus kata kunci yang seragam. Sehingga tersisa kata kunci yang berbeda namun masih memiliki keterkaitan. Hal ini sangat berguna untuk dapat menang dalam pencarian dibanyak kata kunci.

2. Silahkan Buat Artikel Dengan 1000 Kata

Ada beberapa Blogger yang saya temui, yang mengatakan bahwa jumlah kata yang panjang bagus untuk SEO. Alasannya Google suka dengan informasi yang detail. Tapi apakah benar demikian?

Ternyata tidak juga, alasan yang paling tepat kenapa artikel kita harus panjang adalah untuk dapat memuat banyak kata kunci. Bayangkan saja, bagaimana kamu bisa mengoptimalkan artikel dari hasil keyword yang kamu kumpulkan, dari memecah kata kunci utama, LSI dari keyword utama, dan LSI dari LSI Keyword, jika panjang artikel hanya 500 kata?

Ingat, memuat banyak kata kunci, bukan berarti kamu mengulang kata kunci yang sama disetiap paragraf. Bisa dianggap Spam oleh Google. Maka dari itu, panjang artikel sangat mengambil pengaruh yang besar untuk dapat mencapai halaman pertama Google.

Untuk membuat artikel ini, kamu tidak perlu memikirkan kata kunci yang sudah kamu dapatkan tadi. Fokus saja pada isi informasi yang akan  kamu sampaikan, sehingga artikel tersebut berkualitas dari segi isi. Buat artikel yang menarik di blog kamu.

3. Sebarkan Kata Kunci Dibeberapa Tempat

Setelah kamu selesai dengan membuat artikel yang menarik di blog, saatnya kamu membuat artikel kamu dengan teknik SEO. Silahkan baca artikel yang sudah kamu buat, dan masukkan satu persatu kata kunci yang sudah kamu kumpulkan ditempat yang sesuai. Dengan tidak mengurangi kenyamanan pengunjung saat membaca.

Bila perlu, Susun ulang kalimat di dalam artikel, agar kata kunci tersebut sesuai dan nyaman untuk dibaca. Namun, dimanakah posisi keyword yang bagus dalam menciptakan artikel berkualitas SEO?

Letakkan kata kunci di 160 karakter di dalam satu kalimat di beberapa paragraf. Kenapa harus 160 karakter? Ini yang dinamakan Snippet description, yang dimana Google hanya bisa menampilkan kalimat dengan jumlah 160 karakter dihalaman pencarian. Sebagai contoh :

Ketika kamu memutuskan untuk belajar cara teknik SEO untuk membuat artikel, hal yang perlu kamu ingat adalah menentukan kata kunci yang tepat.

Kata yang di bold, adalah elemen dari kata kunci yang saya targetkan. Sehingga Google akan membaca kalimat tersebut dan menampilkan di hasil pencarian. Perhatikan gambar dibawah ini untuk contoh snippet.

Optimasi SEO dalam Membuat Artikel
Contoh Snippet/ Meta Deskripsi

Gunakan cara itu dengan memanfaatkan kata kunci yang sudah dikumpulkan.

4. Manfaatkan Fitur Deskripsi Pencarian

Semua platform website pasti memiliki fitur deskripsi pencarian, atau meta tag description. Fungsi dari fitur ini adalah untuk menjelaskan isi artikel dengan gamblang, dan terbatas pada 160 karakter saja. Seperti yang saya jelaskan tadi, Google membaca isi konten setiap 160 karakter dalam satu kalimat.

Cara membuat meta tag description yang benar adalah dengan memanfaatkan fitur pencarian terkait yang muncul pada pencarian Google. Perhatikan gambar dibawah diatas. Saya mengembangkan keyword yang diberikan Google menjadi satu kalimat yang jelas.

Buat kalimat sepanjang 160 karakter dengan menggabungkan kata kunci dari hasil penelusuran terkait.

5. Gunakan Kata Kunci Yang Presisi Didalam Judul

Dan yang terakhir adalah menyisipkan kata kunci dalam judul utama. Ingat, gunakan setiap kata yang terkandung dalam kata kunci target.

Alur perayapan mesin telusur Google secara bertahap adalah sebagai berikut : Judul, Meta Tag Desciption, Related Keyword, Related Content. Untuk itu, optimalkan kata kunci pada Judul, Meta Tag, Related Keyword, dan Related Content.

Related Content ini sendiri adalah menyisipkan artikel lainnya yang masih memiliki hubungan dengan topik pembahasan dan muncul dalam hasil pencarian terkait. Hal ini akan sangat membantu dalam proses pembuatan artikel berkualitas SEO.

Selain itu, gunakan kata kunci pada tautan artikel. Misalnya dengan kata kunci artikel berkualitas, URL postingan kamu perlu memiliki kata kunci tersebut. Silahkan perhatikan URL artikel ini.

Tambahan Poin Untuk Membuat Artikel SEO Yang Lebih Baik

Setelah semua sudah dirasa sudah dilakukan, masih ada beberapa poin penting untuk mendukung artikel kamu berada dihalaman pertama Google. Seperti Backlink, Anchor Text, dan lain sebagainya.

Namun pada artikel yang saya translate pada situs abal abal saya tadi, saya tidak ada menggunakan Backlink atau apapun. Saya hanya memaksimalkan Kata Kunci ketika membuat artikel SEO. Jadi bagaimana dengan kamu?

Semoga artikel saya kali ini bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya dikolom komentar. Saya tidak bisa menjamin artikel yang kamu buat, atau bahkan artikel ini, bisa hadir di halaman pertama Google. Intinya adalah terus mencoba dan mau belajar dari situs-situs besar.

Sebagai contoh artikel TrenDi Info yang masih ada dihalaman pertama Google adalah dengan kata kunci “Artikel Berkualitas SEO”. Silahkan cari, dan coba disimak bagaimana artikel tersebut bisa ada disana. Semoga bermanfaat dan mulailah menghasilkan uang dari blog yang kamu buat.

 

Loading...

Related Post

Tiga Hal Penting Yang Harus Ada Pada Template Blog... Hal Penting Yang Wajib Ada Pada Template - Jika kita berbicara tentang mendaftarkan Adsense, terlebih menyangkut pada Google Ads, maka pastinya kita a...
Ciri-ciri Artikel SEO Yang Berkualitas Tinggi Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO - Bagi seorang penulis tentunya ingin sekali membuat sebuah artikel dengan kualitas yang baik. Kualitas sebuah artik...
Artikel Human Friendly dan Artikel SEO Friendly, P... Tentunya kamu sudah pernah mendengar beberapa istilah di dunia Blogger yang terkadang susah untuk dijelaskan. Mungkin karena menggunakan bahasa asing,...
Jasa Buat Website Murah Modal 200 Ribu, Bisa Dapat... Kali ini TrenDi Info menyediakan jasa pembuatan website murah, hanya bermodal 200 ribu. Seperti yang kita tahu, bahwa website memiliki peranan penting...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *