Cara Sukses Usaha Percetakan Undangan di Rumah

Cara Sukses Usaha Percetakan di Rumah Modal Kecil 2 Jutaan

Diposting pada

Bagaimana sih cara sukses usaha percetakan di rumah jika modal yang kita miliki kecil? Seperti yang kita tahu bahwa usaha percetakaan saat ini memang menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Banyak orang yang telah sukses membuka usaha percetakan ini dari modal kecil. Bahkan hanya bermodalkan 2 jutaan saja, mereka sanggup membuat usaha percetakannya sukses dan berkembang.

Membuka bisnis atau usaha percetakan di rumah merupakan salah satu cara yang paling efektif bagi seorang pemula. Karena dengan membuka usaha di rumah, kamu tidak perlu membayar biaya sewa ruko. Dengan ini modal usaha percetakan yang kamu buat bisa kecil.

Cara Sukses Usaha Percetakan di Rumah Dengan Modal 2 Jutaan

Untuk dapat sukses dalam menjalankan bisnis percetakan di rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini hal penting yang perlu kamu ketahui dan cara menjalankan usaha percetakan rumahan supaya untung dengan modal kecil 2 jutaan.

1. Memilih Jenis Usaha Percetakan yang Tepat

Membuka percetakan di rumah, memang sering kali dilakukan oleh pengusaha karena modal yang dimiliki kecil. Namun, bukan berarti bahwa usaha percetakan yang dikerjakan dirumah dengan modal kecil tidak membawa untung. Sebaliknya, keuntungan usaha percetakan yang dikerjakan dirumah bisa lebih menjanjikan.

Untuk itu, pilihlah jenis percetakan apa yang akan kamu buat. Saat ini, banyak sekali jasa percetakan yang bertaburan di pasar. Seperti percetakan buku, percetakan offset, spanduk, stempel, undangan pernikahan, dan lain sebagainya.

Jika modal usaha kamu hanya 2 jutaan, kamu bisa membuka usaha percetakan undangan seperti undangan pernikahan, resepsi, dan sebagainya. Kamu bisa juga membuka jasa cetak foto sebagai penambah keuntungan.

Usaha percetakan undangan pernikahan tidak banyak mengeluarkan modal besar. Sehingga sangat cocok untuk dikerjakan dirumah. Ditambah lagi, minat akan jasa pembuatan cetak undangan pernikahan selalu ramai peminat.

2. Memilih Alat Cetak Undangan Yang Tepat

Jika kamu seorang pemula di bisnis percetakan, maka belum saatnya kamu memiliki alat atau mesin cetak layaknya perusahaan besar. Namun, bukan berarti kamu tidak memiliki mesin cetak sendiri yah. Pemilihan alat untuk usaha percetakan undangan untuk pernikahan dan sebagainya, haruslah sesuai dan tepat. Selain menemukan mesin cetak yang bagus, kita juga harus memikirkan harga alat cetak yang murah.

Saat ini, banyak sekali alat cetak undangan yang bagus dan berkualitas. Namun biasanya harga mesin tersebut sangat mahal. Untuk itu, kamu bisa mengganti mesin cetak tersebut dengan printer biasa yang sering digunakan orang banyak.

Saya sendiri merekomendasikan printer Canon IP 2770 untuk mencetak undangan, baik undangan pernikahan atau juga untuk cetak foto. Printer ini sudah saya coba pergunakan saat mencetak undangan pernikahan saya sendiri. Heheh. Dan hasilnya sangat memuaskan.

Alat Cetak Undangan IP 2770 di Infus
Alat Cetak Undangan Canon IP 2770 yang di Infus Lebih Tahan Lama

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ingat, bahwa Printer ini sangat rentan rusak. Sehingga ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan agar mesin cetak undangan kamu ini tahan lama.

Untuk memaksimalkan kerja Printer saat mencetak kertas undangan pernikahan, sebaiknya printer ini sudah terlebih dahulu diinfus. Cara ini sangat manjur untuk mencegah kerusakan Cardtridge Printer akibat sering kali di refill menggunakan jarum suntik.

3. Mulai Belajar Menggunakan Photoshop

Untuk dapat sukses menjalankan usaha percetakan undangan, kamu wajib menguasai aplikasi edit foto seperti Photoshop. Karena tentunya kamu ingin menciptakan sendiri desain undangan agar lebih terkesan unik dan kekinian.

Baca Juga : Cara Edit Foto Dengan Mudah Dengan Aplikasi Photoshop

Kamu bisa belajar mengedit foto melalui YouTube. Biasanya, dalam dunia percetakan undangan, kemampuan edit foto yang paling penting adalah teknik Cropping, menghaluskan wajah, dan lain sebagainya. Dengan ini, kamu bisa dengan mudah membuat konsumen kamu merasa puas dengan hasil cetakan undangan kamu.

Kamu juga bisa menggunakan desain undangan menggunakan situs online seperti Canva. Situs ini sudah menyediakan beribu desain undangan baik untuk desain undangan pernikahan, ulang tahun, acara kegiatan, yang bisa kamu gunakan secara gratis.

4. Membuat Contoh Undangan Hasil Karya Kamu

Cara sukses usaha percetakan di rumah yang keempat adalah menciptakan sample atau contoh. Perlu kamu ingat, bahwa konsumen sangat membutuhkan contoh produk agar mereka tertarik untuk membeli. Untuk itu, buatlah beberapa desain undangan yang sudah dicetak sebagai contoh. Kamu bisa mengambil inspirasi atau ide undangan di internet.

Cara Sukses Usaha Percetakan di rumah
Contoh Desain Undangan Pernikahan dari Situs Canva

Buatlah berbagai jenis undangan dari berbagai ukuran dan model sehingga konsumen dapat leluasa memilih undangan yang diinginkan. Saya dulu sempat membuat 3 jenis undangan pernikahan, dengan bermodalkan  kertas Jasmine.

Kertas Jasmine ini merupakan salah satu jenis kertas undangan pernikahan yang paling bagus dan murah. Harga per satu pak kertas Jasmine isi 200 lembar, berkisar Rp. 80.000,-. atau 400 rupiah per lembarnya. Kertas ini juga sangat cocok digunakan pada Printer Canon IP 2770.

Saya juga mengkombinasikan undangan pernikahan dengan memanfaatkan karton padi. Dengan ini, undangan akan terasa lebih elegan karena sangat menyerupai buku.

5. Membuat Media Promosi Usaha Percetakan

Cara sukses usaha percetakan di rumah yang selanjutnya, tidak akan lepas dari peran media promosi. Dikarenakan modal yang kamu miliki kecil, maka kita bisa menggunakan media promosi gratisan. Kamu bisa menggunakan akun Facebook, Instagram, YouTube, dan membuka Lapak usaha di marketplace ternama seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Bisnis percetakan online saat ini sudah sangat menjadi trend dikalangan usahawan. Jadi jangan pernah mengabaikan peran teknologi internet untuk bisa untung usaha percetakan di rumah ini.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Membuat Akun Fanspage Facebook Untuk Promosi Usaha

Walau produk yang kamu tawarkan belum siap, kamu perlu membuat akun media sosial khusus untuk mempromosikan undangan kamu. Tentu saja orang akan kurang percaya dengan pelapak baru. Untuk itu, umur media sosial juga akan mempengaruhi bagaimana kesuksesan usaha percetakan undangan  kamu nantinya.

6. Mulai Mempromosikan Produk Secara Perlahan

Ketika contoh produk sudah selesai dibuat, silahkan kamu mempromosikan contoh undangan yang sudah kamu buat. Ambil beberapa foto hasil karya kamu, dan publishlah di akun media sosial kamu terlebih dahulu.

Perlu kamu ingat, jangan pernah memposting produk kamu secara berlebihan. Promosikan produk kamu secara bertahap, agar akun media sosial kamu dirasa produktif. Banyak pelapak yang gagal membuka usaha percetakan undangan secara online dikarenakan terlalu terburu-buru mengupload semua produknya.

Hal ini menyebabkan mereka harus mengupload ulang produk sehingga terkesan bahwa produk mereka sangat sedikit. Teruslah aktif dalam mempromosikan hasil cetak undangan kamu.

7. Temukan Rekan Kerja

Cara sukses usaha percetakan undangan dirumah yang terakhir adalah menemukan rekan. Kesuksesan dalam bisnis itu selalu diiringi dengan kerjasama. Begitu juga dengan usaha percetakan undangan. Kamu tidak akan tahu bahwa suatu saat kamu akan mendapatkan orderan cetak undangan dalam skala besar.

Untuk itu, temukanlah rekan kerja yang bisa diajak kerjasama. Rekan kerja yang saya maksudkan adalah menemukan Perusahan Jasa Percetakan Undangan yang memang sudah terbilang sukses. Kamu bisa meminta harga bagi ketika kamu melemparkan orderan konsumen yang membludak.

Temukan perusahan percetakan yang benar-benar bisa diajak bekerja sama dan memiliki reputasi yang bagus. Dengan ini, kamu bisa menjalankan usaha percetakan undangan tanpa modal yang besar.

Mungkin itu saja cara sukses usaha percetakan di rumah yang bisa saya jabarkan sesuai dengan pengalaman saya. Nah, sekarang kita akan membahas berapa modal yang harus digunakan dan berapa keuntungan yang didapat dari usaha percetakan undangan di rumah ini.

Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Percetakan Undangan di Rumah

Sesuai dengan judul artikel ini yaitu cara sukses usaha percetakan di rumah yang hanya menggunakan modal 2 jutaan, maka kita perlu menghitung secara lebih rinci. Dari paparan diatas, bahwa kita menggunakan beberapa item untuk modal dalam memulai bisnis cetak undangan pernikahan, seperti :

  1. Printer Canon IP 2770 yang sudah di infus
  2. Kertas Jasmine
  3. Laptop
  4. Kuota Internet

Jika kita hitung modal untuk membuka usaha cetak undangan pernikahan menggunakan 4 jenis barang tersebut, maka modal yang kita keluarkan :

  • Printer Canon IP 2770 Infus = Rp. 850.000,-
  • Kertas Jasmine 2 Pak = Rp. 160.000,-
  • Laptop/ Note Bekas = Rp. 1.000.000,-
  • Kuota Internet 1 Bulan = Rp. 200.000,-

Maka total modal usaha percetakan yang kita keluarkan adalah sebesar = Rp. 2.210.000,- atau 2 jutaan saja. Perlu diingat, kita tidak lagi mengeluarkan modal yang sama untuk Printer dan Notebook, sehingga modal rutin yang dikeluarkan hanya untuk isi tinta, kertas, dan kuota internet.

Selanjutnya berapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari usaha cetak undangan pernikahan ini? Saat ini, satu lembar undangan pernikahan biasa yang menggunakan kertas mengkilap, dihargai sekitar 2.000 s/d 2.500 per lembarnya. Maka jika kamu berhasil menjual 1000 lembar undangan saja, maka kamu bisa mendapatkan untung omset sebesar 2 juta sampai 2,5 juta. Sangat menguntungkan dan menjanjikan bukan?

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika kita menggunakan Printer Canon IP 2770 ini. Bahwa hasil cetak undangan akan mudah pudar jika terkena air. Untuk itu, sebaiknya kamu memberitahukan terlebih dahulu kepada calon konsumen kamu, bahwa undangan ini tidak tahan lama.

Saya sendiri memiliki cara untuk meyakinkan konsumen saat memberitahukan bahwa cetakan akan mudah pudar. Saya sering meyakinkan konsumen bahwa, undangan yang cepat pudar saat terkena air lebih bagus dari pada yang tahan lama.

Alasannya supaya kita tidak sakit hati saat kita melihat undangan kita terbuang dan terinjak. Karena memang biasanya, undangan yang kita berikan sering kali tidak dijaga. Apalagi jika undangan tersebut menggunakan Foto Prewed, sakit bener kan kalau diinjak orang.

Alasan ini sangat manjur untuk membuka pola fikir konsumen, dan membuat mereka memutuskan untuk menggunakan jasa cetak undangan dari kita.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara sukses usaha percetakan dengan modal kecil sekitar 2 jutaan ini. Kamu boleh mempromosikan jasa cetak undangan pernikahan dan sebagainya di situs ini secara gratis. Silahkan hubungi saya melalui Fan Page Facebook TrenDi Info. Semoga sukses, dan teruslah berusaha.

Loading...

Related Post

Usaha Kecil Yang Menjanjikan Modal 1 Juta, Bahkan ... Menemukan usaha kecil yang menjanjikan tentu saja tidaklah mudah, ditambah dengan modal  berkisar 1 Juta saja. Tetapi ternyata ada loh, jenis usah...
Jajanan Paling Laris di Bulan Puasa, Apa Saja Yah?... Bulan puasa pasti dipenuhi dengan pasar yang berjualan jajanan. Begitu banyak jajanan yang laris manis disaat bulan puasa seperti jajanan makanan ...
Rekomendasi Printer Murah Terbaik Untuk Cetak Unda... Dalam dunia usaha percetakan undangan, dikenal dengan berbagai macam jenis mesin cetak undangan yang biasa digunakan. Baik untuk mencetak undangan dal...
Membuat Kontrak Bisnis Online Untuk Tampil Lebih P... Membuat Kontrak Bisnis Online  - Sebuah bisnis memang harus memiliki sebuah strategi jitu untuk menjadikan usaha yang dijalankan dapat bekerja secara ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *