ide usaha di desa modal kecil dan menguntungkan

5 Ide Usaha di Desa dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Diposting pada

Menjalankan usaha memang sangat memerlukan pertimbangan dan perhitungan yang matang. Hal ini tidak terkecuali terkait mengenai lokasi dalam menjalankan usaha tersebut.  Salah satunya ketika kamu memutuskan membuka usaha di desa atau kampung yang dimana penduduknya belum ramai alias sepi.

Usaha potensial di desa saat ini memang begitu banyak, namun manakah yang paling menguntungkan dan hanya butuh modal kecil? Untuk membuka usaha di daerah yang sepi penduduk seperti desa atau kampung, kita memang perlu melakukan sedikit survey.

Hal ini dilakukan agar usaha yang kita buat di desa tersebut sukses dan tidak merugi, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pedesaaan. Apalagi jika kita hanya memiliki modal kecil, tentu saja usaha yang kita buat di desa kita jangan sampai salah target.

Baca Juga : Usaha Kecil Yang Menjanjikan Modal 1 Juta, Bahkan Bisa Tanpa Modal

Hal ini dilakukan untuk mengatasi alur permintaan pasar yang dimana akan berbeda di setiap daerah. Tentunya ketika kamu membuka usaha di desa, akan sangat berbeda dengan membuka usaha di kota. Mungkin saja, banyak hal yang dibutuhkan oleh masyarakat kota, tetapi belum tentu dibutuhkan oleh masyarakat di pedesaan. Terlebih di desa yang sepi penduduknya.

5 Ide Usaha Di Desa Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Kali ini, TrenDi Info telah mengumpulkan 5 ide usaha terbaik yang bisa kamu kerjakan di desa/ kampung. Selain dengan modal kecil, usaha ini sangat menjanjikan. Berikut ulasan tentang ide usaha yang cocok di pedesaan yang menjanjikan dengan modal kecil.

1. Usaha Pertamini

membuka usaha pertamini di desa

Untuk menemukan peluang usaha dagang di desa, kita perlu mengetahui apakah produk yang akan kita jual laku atau tidak. Pom bensin mini atau yang lebih akrab dengan sapaan pertamini dapat menjadi salah satu ide usaha yang dapat dilakukan di desa. Seperti yang kita tahu bahwa akan sangat sulit menemukan Pom Bensin di daerah pedesaan.

Hal ini menjadi sebuah peluang usaha di desa yang menguntungkan yang bisa kamu kerjakan di daerah pedesaan. Masyarakat yang hampir kebanyakan memiliki usaha pertanian, tentunya membutuhkan bahan bakar untuk dapat bekerja.

Selain daripada itu, usaha pertamini tidak memerlukan lahan yang luas. Karena pada dasarnya usaha pom bensin mini ini dapat dikerjakan di depan rumah.

2. Membuka Usaha Produk Pertanian

peluang usaha toko tani di kampung

Ketika kamu memutuskan untuk membuka usaha di daerah pedesaan, hal yang perlu kamu ingat adalah apa yang dibutuhkan oleh pembeli. Seperti yang kita tahu, bahwa sektor pertanian adalah salah satu mata pencarian utama para masyarakat di desa. Cara ini adalah cara untuk membuat usaha paling sukses di desa.

Membuka usaha produk pertanian merupakan salah satu ide usaha yang sangat cocok dilakukan di desa. Kamu bisa menjual alat pertanian seperti cangkul, pupuk, dan lain sebagainya. Ditambah saat ini, semua petani memiliki kelompok tani yang dikelola secara mandiri oleh beberapa orang. Kamu bisa mengajak bekerja sama dengan mereka untuk dapat rutin membeli produk dari usaha yang kamu jalankan.

Walaupun modal yang dibutuhkan tidak kecil, namun usaha produk pertanian di daerah pedesaan ini sangat menjanjikan. Jika kamu terhambat modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman lunak ke Bank sekitar untuk memulai usaha di kampung kamu.

3. Usaha kerajinan tangan

Usaha Kerajinan di desa hasil pertanian

Bukan hal yang baru lagi jika banyak jenis kerajinan tangan yang dihasilkan oleh suatu masyarakat dapat menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Mengembangkan usaha unik di desa, berarti mampu mengenali potensi alam yang ada disekitar.

Nah, apabila di desa kamu memiliki potensi alam yang dapat digunakan untuk membuat suatu kerajinan tangan, seperti kerajinan tanah liat, rotan, bambu, ulat sutra ataupun dengan bahan dasar lainnya maka jangan ragu untuk memanfaatkannnya menjadi peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Modal usaha kerajinan tangan ini juga kecil, namun dapat di bandrol dengan harga yang cukup tinggi karena menilai kreatifitas. Kamu bisa memulainya dengan mengajak beberapa orang untuk membuka usaha secara bersama-sama. Kamu bisa menawarkan ide bisnis kecil-kecilan yang bisa di lakukan di kampung ini dengan warga sekitar.

Untuk dapat mendapatkan untung dalam usaha kerajinan tangan ini, hal yang perlu kamu perhatikan adalah cara promosi. Gunakan semua media sosial untuk mempromosikan usaha kamu. Sehingga orang-orang banyak mengenal produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Membuat Akun Fanspage Facebook Untuk Promosi Usaha

Kamu juga bisa menjual produk kamu melalui marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia dan sebagainya. Jadi, walaupun usaha di desa, produk kamu bisa merambah keseluruh kota. Modal kecil, untung besar!

4. Membuka Warung Kelontong

membuka usaha warung kelontong di desa

Warung kelontong adalah salah satu usaha yang memiliki peluang sangat tinggi yang dapat dijalankan di desa. Buatlah usaha warung kelontong menjual kebutuhan sehari – hari warga sehingga tak membuat masyarakat desa harus pergi ke kota untuk mendapatkannya.

Walaupun sebagian masyarakat desa sudah memiliki akses transportasi yang lancar namun tak jarang juga masih ada desa yang mengalami kesulitan akses. Kamu bisa menjual pulsa dan menggabungkannya dengan membuka usaha pertamini.

Semakin lengkap usaha yang kamu jual di desa, maka makin menjanjikanlah usaha yang kamu jalankan. Salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk membuat usaha menjadi kecil, adalah dengan menggunakan sistem konsinyasi. Konsinyasi adalah penjualan dengan sistem penitipan.

Temukanlah beberapa orang yang memiliki potensi untuk membuat produk, dan mintalah mereka menitip dagangannya di toko kelontong yang kamu buat. Dengan ini, kamu bisa membuka usaha di desa dengan tanpa modal.

5. Membuka Usaha Tagihan Pembayaran

peluang usaha di desa membuka tagihan pembayaran

Tahukah kamu bahwa hampir banyak orang di desa yang tidak membayar tagihan listriknya? Hal ini disebabkan bukan karena tidak adanya uang, melainkan karena lokasi untuk pembayaran tagihan sangat jauh.

Hal ini merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena dengan membuka usaha pembayaran rekening tagihan di desa, usaha kamu akan terus diminati. Ini merupakan contoh usaha di desa yang belum banyak dilakukan. Kamu bisa menyediakan jasa layanan pembayaran listrik, PDAM, kredit motor, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Bayar Semua Tagihan di Aplikasi Ini, Dapatkan Untung Hingga Puluhan Juta

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa usaha lainnya yang cocok dengan usaha pembayaran tagihan ini. Seperti usaha cuci cetak foto, pengetikan, foto copy, dan lain sebagainya. Dengan memiliki beberapa produk dalam usaha yang kamu buka di desa, akan semakin membuat untung usaha kamu semakin besar dan melimpah.

Mungkin itu saja yang bisa TrenDi Info rekomendasikan terkait apa saja ide usaha yang cocok dikerjakan di desa atau kampung. Inti dari membuka usaha adalah bagaimana cara kita melihat peluang dan potensi yang berada di daerah tempat kita tinggal. Selain itu, dengan mengikuti kemajuan teknologi saat ini, usaha di daerah pedesaan, bisa menjadi sukses dan menguntungkan.

Loading...

Related Post

Bisnis Jual Beli Template Blog Premium Dalam Hukum... Bisnis jual beli template blog atau yang sering dikenal dengan tema blog, saat ini mulai hangat diperbincangkan dikalangan grup Blogger Indonesia....
Membuat Kontrak Bisnis Online Untuk Tampil Lebih P... Membuat Kontrak Bisnis Online  - Sebuah bisnis memang harus memiliki sebuah strategi jitu untuk menjadikan usaha yang dijalankan dapat bekerja secara ...
Investasi Bisnis Real Estat Melalui Platform Terpe... Genesis adalah proyek yang mengembangkan platform di mana investor dapat berinvestasi dengan cara baru. Dengan memahami dua keinginan investor, ya...
Mengetahui Pengertian Bisnis Startup Beserta Penje... Pengertian Bisnis Startup – Perkembangan dunia bisnis saat ini telah melaju dengan sangat cepat. Bahkan sudah banyak menjamur variasi baru bisnis sepe...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *